Pariwisata Solo Surakarta Tawangmangu

Pariwisata Solo Surakarta Tawangmangu

Pariwisata Solo Surakarta juga dikenal sebagai daerah tujuan wisata yang biasa didatangi oleh wisatawan dari Mancanegara maupun Nusantara. Banyak wisatawan yang berlibur ke Yogyakarta juga akan pergi ke Surakarta dan Tawangmangu Karang anyar, atau sebaliknya. Tujuan wisata utama kota Surakarta adalah Keraton Surakarta, Pura Mangkunegaran, Musium purba “SANGIRAN”, dan kampung-kampung batik di lawean serta pasar-pasar tradisionalnya seperti pasar klewer yang terkenal dan PSG pusat grosir solo, lalu relaks untuk mengunjungi Sungai Bengawan Solo yang begitu tersohor dengan lagunya karya “Gesang” sampai ke luar negeri.

Di Solo Surakarta terdapat beberapa citywalk yang ditujukan untuk pejalan kaki dan pengendara sepeda, antara lain di koridor Ngarsopuro, di sepanjang Jalan Slamet Riyadi (sepanjang 6–7 km dan selebar 3 m), dan di sepanjang Jalan Perintis Kemerdekaan. Tempat-tempat yang ditunjuk sebagai citywalk tidak boleh dilalui oleh kendaraan bermotor. Saat ini juga terdapat satu lokasi menarik lainnya yaitu SOLO BARU sebagai tempat menarik untuk singgah.

Adapun wisata-wisata alam di sekitar Surakarta antara lain Kawasan Wisata Tawangmangu (berada di Kabupaten Karanganyar), terdapat air terjun Grojogan Sewu, air terjun Jumog, candi Cetho, dan candi Sukuh dan lain lain, tepatnya di lereng Gunung Lawu.

You may also like...

WhatsApp Chat Kami Via WhatsApp